Equity Life Indonesia dan BPD Bali Bayarkan Klaim Manfaat Perlindungan COVID-19

Equity Life Indonesia dan BPD Bali Bayarkan Klaim Manfaat Perlindungan COVID-19
Kesehatan dan rasa aman merupakan hal yang utama bagi masyarakat di tengah situasi pandemi COVID-19 ini. Karena itu, perlindungan yang optimal menjadi prioritas utama dalam perencanaan keuangan. Hal itu untuk mengantisipasi risiko yang ada dalam hidup. 

Melihat hal tersebut, sejak April 2020 lalu, Equity Life Indonesia bersama dengan BPD Bali telah menghadirkan program perlindungan COVID-19, yaitu ELI COVID Protection. Dimana program ini memberikan tambahan manfaat berupa perlindungan jiwa apabila tutup usia akibat terinfeksi COVID-19 dan juga santunan tunai harian perawatan di Rumah Sakit akibat terinfeksi COVID-19. Perlindungan COVID-19 ini bisa didapatkan  tanpa tambahan biaya apapun bagi nasabah BPD Bali yang membeli produk asuransi Pitra Yadnya maupun Bali Dwipa Investama.

Adapun perlindungan tersebut benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Bali. Ini dibuktikan dengan pembayaran manfaat santunan tunai harian perawatan di Rumah Sakit akibat COVID-19 kepada 3 nasabah BPD Bali. Di antaranya, I Putu Yuki Pratama, nasabah sekaligus pemegang polis produk asuransi Bali Dwipa Investama, I Ketut Bagia dan Ni Ketut Triani Astri yang merupakan nasabah sekaligus pemegang polis produk Asuransi Pitra Yadnya.

Pembayaran manfaat perlindungan COVID-19 tersebut secara simbolis diserahkan oleh Pimpinan BPD Bali Cabang Negara Ida Bagus Made Surawan, didampingi Bancassurance Relationship Manager Equity Life Indonesia, Putu Eka Krisna Dewi.

Pimpinan BPD Bali Cabang Negara  Ida Bagus Made Surawan mengatakan, bahwa pihaknya menyambut baik program dari Equity Life Indonesia, yang memberikan perlindungan COVID-19 bagi nasabah yang membeli produk asuransi Pitra Yadnya dan Bali Investama dalam kondisi pandemi seperti ini. Pembayaran klaim ini merupakan bentuk nyata komitmen antara pihaknya dan equity life, untuk selalu menempatkan kebutuhan nasabah sebagai prioritas utama.

“Semoga kedepannya, nasabah dapat terus mempercayakan kebutuhan finansialnya di setiap tahap kehidupan bersama BPD Bali dan Equity Life,” ucapnya Selasa 9 Maret 2021.

Surawan mengaku, bahwa program kerjasama sinergi BPD Bali, dengan Equity Life memiliki beberapa program. Namun, yang paling familiar ialah Bali Dwipa dan Pitra Yadnya. Dimana keduanya merupakan sama-sama proteksi jiwa untuk pemegang polis. Program kerjasama ini pun sudah dibangun semenjak 2018 lalu. Nah, semenjak adanya COVID-19, ia mengakui, bahwa equity life melakukan komitmen luar biasa dengan memberikan manfaat tambahan tanpa adanya biaya. 

“Jadi untuk program COVID ini baru, dan ini komitmen yang sangat bagus dari Equity Life. Para nasabah penerima manfaat ini, menerima santunan harian, bilamana ketika nasabah terpapar Covid-19. Dan manfaat itu sudah terealisasi,” ungkapnya. 

Menurut Surawan, berasuransi menjadi kebutuhan untuk era saat ini. Alasannya, seseorang tidak tahu, apa yang terjadi di esok hari. Meskipun pemegang polis ketika tiada tidak mendapat apa-apa. Tapi setidaknya, ahli waris atau keluarga akan mendapat manfaat yang bersifat meringankan.

“Dan saat ini nasabah dan juga pemegang polis yang sudah terpapar merasakan manfaatnya. Sehingga, masyarakat perlu untuk mengetahui hal ini,” tegasnya.

Sementara itu, Bancassurance Relationship Manager Equity Life Indonesia, Putu Eka Krisna Dewi menuturkan, bahwa pihaknya berharap dengan adanya tambahan manfaat perlindungan COVID-19 ini, dapat memberikan kemudahan sekaligus solusi bagi masyarakat Bali. Khususnya, untuk melindungi diri dan juga keluarga, sehingga mereka dapat menjalani hidup tanpa rasa cemas akan hal-hal yang bisa mengganggu finansial. Termasuk risiko dari virus COVID-19.

“Kami pun terus mengimbau agar masyarakat tetap mengikuti protokol kesehatan, menerapkan pola hidup sehat, serta menjaga kestabilan finansial keluarga dengan memiliki perlindungan yang optimal karena risiko dalam hidup dapat datang tanpa kita duga,” ungkapnya.

Usai penyerahan pun ketiga nasabah mengutarakan rasa terima kasih dan apresiasinya kepada Equity Life Indonesia dan Bank BPD Bali. Salah satunya ialah Ni Ketut Triani Astri, yang mengaku sudah mengikuti equity sejak Mei 2020 lalu. Awalnya, ia beserta suami dan kedua anaknya, mengikuti dua program. Ia dan suaminya I Ketut Bagia, mengikuti program Pitra Yadnya dan dua anaknya Bali Dwipa. Ia sungguh terkesan, saat pandemi COVID, ternyata Equity juga memberikan tambahan manfaat, dimana nasabah yang mengikuti dua program di atas, maka akan mendapat manfaat jika terpapar. Dan akhirnya ia mendapat santunan harian berupa uang sebesar Rp250 ribu, dengan batas maksimum mengikuti masa isolasi selama 14 hari. Sehingga total manfaat yang ia terima, sebesar Rp3,5 juta.

“Kami ikut asuransi Equity Life ini untuk memproteksi diri. Awalnya karena kami sebagai orang Hindu, sadar bahwa ketika prosesi pengabenan, akan menghabiskan dana yang tidak seidkit. Ternyata saat masuk ada program tambahan, dari equity untuk COVID-19. Kami tidak juga berharap untuk terjadi (terpapar COVID), tapi kami juga menyiapkan segalanya untuk hal terburuk. Dan Bulan Januari kemarin, kami satu keluarga (empat orang) terpapar COVID. Kami ikuti anjuran pemerintah diisolasi di Puskesmas Pengambengan. Kami bersyukur dari equity juga langsung tanggap dan memberikan form untuk pengajuan klaim. Dan dalam waktu 14 hari bisa cair,” ungkapnya.
Triani menambahkan, dengan manfaat yang sudah ia terima. Maka ia mengajak segenap warga Jembrana, yang belum memiliki asuransi untuk proteksi diri di masa COVID, bahwa asuransi Equity Life ini menjadi salah satu pilihan. Ia dan suami per orang untuk satu bulan, hanya sebesar Rp100 ribu. Kemudian, dua anak 200 ribu.

“Yang paling kami syukuri, equity bisa membijaksanai meskipun kami sudah di cover pemerintah. Dan itu komitmen yang luar biasa,” ujarnya.